top of page
Search

MANAJEMEN RASA MARAH

Marah adalah emosi yang ditandai oleh pertentangan terhadap seseorang atau perasaan setelah diperlakukan tidak benar. Kemarahan membantu kita memahami bahwa kita merasa dirugikan dan memberi dorongan untuk bertindak atau memperbaiki keadaan.


Pada dasarnya, marah merupakan hal yang wajar. Selain itu, cara menyampaikan emosi setiap orang juga akan berbeda, bergantung pada bagaimana pengembangan karakter dan kepribadian seseorang sejak kecil. Melalui proses panjang serta pengalaman yang telah dilalui, individu akan menentukan bagaimana cara menyelesaikan masalah dan cara mengeluarkan emosinya.


Apa yang terjadi ketika kita sedang marah?

Ketika marah terjadi, tubuh langsung mengalami serangkaian reaksi yang melibatkan hormon, sistem saraf, dan otot. Tubuh melepaskan adrenalin yang membuat nafas sesak, kulit memerah, otot tegang, rahang mengencang, termasuk perut, bahu dan tangan. Seseorang dikatakan berhenti ketika ciri-ciri tersebut sudah tidak muncul pada dirinya.

Dalam hal ini, Apakah marah adalah emosi yang negatif?


Marah tidak selalu dapat diartikan emosi yang negatif. Karena marah adalah reaksi normal dalam kehidupan sehari-hari. Marah memberikan sinyal peringatan kepada otak bahwa ada sesuatu yang salah dan memberikan energi pada tubuh untuk memperbaiki keadaan. Marah memberikan manfaat berupa pergerakan energi untuk melakukan aksi. Oleh karena itu cara orang mengeksprsikan marah dapat memberikan efek yang positif maupun negatif pada orang lain.


Baru-baru ini sosial media digemparkan dengan adanya video viral warga yang marah karena diimbau untuk putar balik dan tidak melanjutkan perjalanan pada saat liburan lebaran. Hal itu membuat netizen geger di sosial media. Banyak netizen yang geram atas tingkah laku mereka yang melanggar aturan pemerintah. Sudah melanggar aturan, marah-marah dan berkata negatif pula.


Namun perlu dilihat, kemarahan yang kita luapkan akan bersifat positif atau negatif baik terhadap diri sendiri maupun lingkungan kita. Sehingga kita perlu yang mengontrol kemarahan pada dalam diri kita.


Lalu, bagaimana cara kita untuk mengontol rasa marah?

silahkan klik tautan youtube dibawah ini untuk mengetahui jawabannya!


17 views0 comments

Comentários


bottom of page