top of page
Search

Siapkan Mental, 16.990 PNS Dipastikan Pindah ke IKN Tahun Depan

Apakah Mental ASN Sudah Siap? Ini menurut Pakar Psikologi POPPY AMALYA


Aparatur sipil negara yang akan bertugas di Ibu Kota Nusantara perlu pembekalan psikologis. Sebab, mereka akan berhubungan jarak jauh dengan keluarganya.



Menurut Poppy Amalya, M.Psi., C.Ht, M.NLP,Psikolog (Pakar Psikologi) mental ASN belum pada siap karena kebanyakan ASN yaitu lahir pada tahun 2000an (Gen Z).

Rencana pemerintah memindahkan ibu kota negara ke Ibu Kota Nusantara berpotensi menimbulkan ketidaknyamanan psikologis bagi ribuan aparatur sipil negara yang akan dimutasi. Perlu pembekalan dan pendampingan karena faktor ini akan berpengaruh terhadap produktivitas kerja ASN.


Ketua Umum Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Andik Matulessy menjelaskan, seorang pekerja, termasuk aparatur sipil negara atau ASN, harus mulai mempersiapkan diri sebelum pindah ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Persiapan itu tidak hanya persoalan memindahkan fisik, tetapi juga psikologis mereka.


Bagi ASN yang sudah berkeluarga, mereka akan berhubungan jarak jauh dengan keluarga sehingga harus dipersiapkan jauh-jauh hari agar mereka siap menata kehidupan baru di IKN. Selain itu, anak-anak mereka akan berpisah dengan ayah atau ibunya yang ASN. Jika tidak dipersiapkan, mereka akan stres lalu berimbas pada penurunan produktivitas kerja.


”Memindahkan manusia tidak hanya sekadar memindahkan fisik, tetapi ada faktor psikologis dan sosial yang akan ikut dalam proses pemindahan itu. Seharusnya ada proses pendampingan melatih dia untuk menghadapi situasi di sana, ini penting,”


Maka dari itu Poppy Amalya, M.Psi., C.Ht, M.NLP,Psikolog (Pakar Psikologi) membuat program pelatihan yaitu :



"MENTAL HEALTH PROGRAM FOR ASN GOES TO IKN"

Yaitu dimana para ASN akan dibekali ilmu pelatihan seperti : -Reprogramming Program

-Micro Expression

-Persuasive Communication


Yang dimana program itu membuat setiap usernya dapat membuat dan memprogram kembali pikiran user itu sendiri dan mengubah prilaku sesuai dengan keinginan pihak user dan kebutuhan dari suatu instansi pemerintah maupun swasta.


Maka dari itu program pelatihan ini sangatlah wajib dimiliki oleh setiap instansi yang akan memberangkatkan ASN ke IKN pada 2024 ini.

11 views0 comments

Comentários


bottom of page