top of page
Search

Stonewalling

Stonewalling adalah istilah ketika seseorang menolak untuk berkomunikasi atau bekerja sama ketika terjadi masalah.

Istilah stonewalling pertama kali dikemukakan oleh Gottman, seorang psikolog dari University of Washington dan juga pendiri dari Gottman Institute. Stonewalling adalah istilah yang diberikan Gottman untuk perilaku yang memblokir total seseorang dan menolak berkomunikasi, terutama ketika memang seharusnya berargumen. Bisa digambarkan juga seperti membangun dinding batu antara anda dan partner relasi anda. Silent treatment (Saling mendiamkan) merupakan bentuk stonewalling paling umum.


Selain itu stonewalling juga bisa dikatakan ketika anda bisa dengan tiba – tiba mengakhiri pembicaraan, mendiamkan tanpa penjelasan, ataupun tidak menjawab chat. Tindakan ini membuat orang lain merasa diabaikan, tidak didengar, dan tidak mau berdiskusi untuk mencari solusi bersama.

Apakah stonewalling itu berarti sikap yang negatif?

Jawabannya adalah iya benar, stonewalling adalah salah satu sikap negatif yang dapat merusak hubungan atau relasi kamu terhadap orang lain. Stonewalling adalah salah satu bentuk komunikasi yang tidak sehat. Seakan diawal baik agar bisa meredam atau tidak menyebabkan keributan, namun jika didiamkan terus menerus, dalam jangka panjang akan berakibat tidak baik sebab masalah tersebut akan terus dipendam tanpa adanya solusi yang terbaik untuk mengakhirinya.



Jika demikian, bagaimana cara menghentikannya?

Inti dari menghentikan kebiasaan stonewalling ini adalah dengan “Berkomunikasi dengan cara yang lebih baik”


Seperti apa cara berkomunikasi yang lebih baik itu?

1. Belajar untuk bersikap jujur pada diri kita sendiri

2. Belajar untuk mengesampingkan ego kita

3. Belajar memberikan kesempatan atau ruang


Lalu, apa saja contoh stonewalling yang paling sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari?

jangan lupa klik tautan youtube dibawah ini untuk informasi lebih lengkap mengenai stonewalling!


40 views0 comments
bottom of page